Selasa, 26 Juni 2018

MENGAJAR YANG MENYENANGKAN












DIALOG BUKAN MONOLOG
Belajar yang menyenangkan itu adalah belajar yang didalamnya ada diaolog antara yang mengajar dan yang diajarkan.Ada yang tau kenapa benda tersebut tetap diam walau sudah di beri gaya dorong atau tarik?.Siswa tidak bisa menjawab atau diam saja tapi begitulah kita pengajar membuka dialog. Jika si Iyus mendorong teman sebayanya si Nandar yang berperawakan sama , tapi si Nandar tetap saja diam tidak bergerak itu artinya Apa? siswa menjawab : " si Nandar memberikan Reaksi pak yang sama besar dengan Aksi si Iyus.Jika si Nandar akhirnya bergerak? ,siswa menjawab : Dorongan atau tarikan menyebabkan benda bergerak.Belajar menjadi menyenangkan bila pengajar bisa  membuka cakrawala pikiran siswa ,pengajar memberi jalan pada siswa untuk menyelesaikan masalahnya secara sendiri , pengajar memberikan kail bukan ikan , pengajar mengarahkan siswa untuk menyelesaikan soal dan masih banyak lagi. Kita sertakan siswa sebagai peserta aktif bukan sebagai peserta pasif. Siswa peserta belajar pasif biasanya hanya menerima dan pengajarnya monolog.Siswa merasa dimanusiakan jika dialog adalah menjadi metode mengajar si pengajar. Siswa bukan bangku siswa bukan whiteboard , siswa bukan spidol, siswa bukan penghapus yang kesemuanya itu adalah benda mati yang tak berROH yang tak berjiwa yang tak beremosi yang tak berfikir yang tak berhati yang takberempati yang tak bersimpati.INGAT! SISWA BUKAN BENDA MATI.
Dia siswa merasa diperhatikan jika kita sebagai pengajar menyebut namanya , apalagi kau menghampirirnya saat kau membuka kesempatan bagi siswa untuk mengerjakan soal yang ingin kau jelaskan.Bahkan kau tanyakan seberapa sulitnya soal itu kepada pribadi pribadi siswa.Sambil sesekali kau tanyakan bagaimana belajarnya dirumah.

SENYUM DAN TEGAS

Ketika kita berikan senyum pembuka kepada murid murid sambil kita sapa mereka SELAMAT PAGI..SELAMAT SIANG..SELAMAT SORE...SELAMAT MALAM maka kita telah membuka keran pikiran mereka untuk siap belajar , senyum dan sapaan kita menenangkannya.Ketegangan telah cair oleh senyum dan sapaan simpatik Mereka murid murid kita terasa siap untuk kita ajarkan.Bawalah selalu senyum kita atau perasaan senang kita saat kita mentransfer ilmu ke mereka.Dengan begitu mereka akan menganggap kita sebagai sahabatnya , masuklah kita sebagai pengajar ke dunia mereka dengan begitu mereka bisa menganggap kita sebagai temannya. Dia para siswa sebagai teman kita ,dia para siswa juga sahabat kita bukan berarti peraturan tidak bisa tegakan , kita pastikan  penegakan peraturan adalah dalam rangka kita menjaga agar mereka tetap pada koridor yang baik dalam rangka mencapai cita citanya, agar mereka selalu dalam ihdinas sirotol mustaqim.Ketegasan harus kita hadirkan buat mereka. Ingat! senyum bisa mengurangi stress, senyum bisa membantu orang tetap positif.
Siapa sangka kesuksesan bisa datang dari senyuman.

UPDATE KAN ILMUMU

Para siswa siswa kita alias murid murid sekarang adalah ANAK ZAMAN NOW , anak anak yang melek gadget ,anak anak yang seharus lebih pintar dari kita yang zaman old KETIKA MEREKA MAU MEMANFAATKAN INFORMASI yang ada digenggamanya, anak anak yang di banjiri informasi .Mereka melek teknologi , mereka banyak tau tentang teknologi modern ,teknologi informasi apalagi , makanan mereka , santapan mereka. Terkadang mereka para anak anak lebih tau informasi tentang ITB tentang UI tentang UGM dari pada orang tuannya.
Fisika adalah ilmu dasar , rekayasa fisika ada di TEKNIK MESIN,,,TEKNIK ELEKTRO..TEKNIK ARSITEKUR...TEKNIK KOMPUTER...
Oleh karenanya para pengajar FISIKA harus pandai menghubungkan ILMU FISIKAnya dengan keteknikan  keteknikan yang disebutkan diatas.Ketika kita menjelaskan FLUIDA  maka sedikit jelaskan juga tenatng DAM atau bendungan,,,tentang cara kerja penyemprot  parfumnya...singgung juga lekuk dan liukan mobil (aerodinamis)...ketika para pengajar FISIKA menjelaskan TEORI KINETIK GAS dan HUKUM TERMODINAMIKA kaitkan sed ikit ke keteknikan mesin motor atau mobil ..2 tak atau 4 tak...ketika kita para pengajar fisika menjelaskan tentang LISTRIK DINAMIS  singgung tentang komputer,,,HP ANDROID....ketika kita para pengajar menjelaskan tentang materi MEKANIKA ..singgung tentang ke Arsitekturan, Jadi updatekanlah ilmumu untuk mereka anak anak zaman now.

EFEKTIF DAN EFISIEN
Harus diakui pemahaman teori yang baik saja belum cukup untuk mereka para pengajar yang berkecimpung di BIMBINGAN BELAJAR atau BIMBINGAN TES, karena yang namanya BIMBINGAN BELAJAR penekanannya lebih kepada BAGAIMANA SISWA SISWA DAPAT MENGERJAKAN SOAL TES MASUK PTN dengan benar efisien dan efektif.
Jam terbang yang dimiliki pengajar menjadi tumpuan promosi sebuah BIMBINGAN BELAJAR.
Bagaimana materi itu dibuat simpel juga praktis juga efektif untuk di jelaskan ke siswa biasanya dimiliki oleh para pengajar yang jam terbangnya sudah banyak.
Bagaimana mengefektifkan materi untuk persiapan tes PTN , biasanya sebagian besar hanya pengajar yang jam terbangnnya sudah tinggi yang bisa memenuhi.
Bagaimana penyelesain soal yang efisiens dan efektif juga biasanya sebagian besar dimiliki oleh pengajar yang jam terbangngnya sudah tinggi.
Jika hal hal efektif dan efisiuen ini di berikan ke siswa maka kita telah mengambil peran pada judul BELAJAR YANG HAPPY DAN MENYENANGKAN.
JEMBATAN KELEDAI untuk mudah mengingat...CARA PRAKTIS untuk mempersingkat waktu ...CARA KEDUA untuk menambah wawasan  siswa adalah hal hal yang tidak bisa diremehkan jika kita ingin di sukai siswa sebagai pengajar yang menyenangkan, ini pulalah yang menjadi nilai promosi BIMBINGAN BELAJAR kita.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar